Kamis, 25 Juli 2013

Silaturahim dan Buka Puasa Bersama antara LDII, Kemenag, MUI, dan Ormas Islam Kabupaten Sumedang

Jajaran Pengurus DPD LDII Kabupaten Sumedang mengadakan kegiatan Silaturahim dan Buka Puasa Bersama dengan  Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang,  perwakilan ormas Islam Muhammadiyah, Nahdatul Ulama dan Syarikat Islam  Kabupaten Sumedang pada hari Kamis, 25 Juli 2013.  Kegiatan berlangsung Masjid Sonda Al-Basyir Jl. Dewi Sartika, Sumedang  pukul 16.30 s.d. selesai.

Selain dihadiri Ketua MUI Kabupaten Sumedang, Bapak Drs. KH. Adam Malik Ibrahim, hadir pula beberapa ketua/pengurus MUI kecamatan seperti: Tanjungsari, Sumedang Selatan, Buahdua, dan sebagainya.  Dari LDII dihadiri oleh jajaran pengurus harian (DPD), Dewan Penasihat, dan Ketua PC/PAC di lingkungan DPD LDII Kabupaten Sumedang.  Kegiatan ini diliput oleh wartawan Sumedang seperti: Sumedang Ekspress, RKS, Par TV, dan Official Blog LDII Sumedang..  
Pengurus LDII Kab. Sumedang bersama Ketua MUI dan Kepala Kemenag di Masjid Al-Basyir Sumedang

Acara yang dipandu master of ceremony, Ade Siswandi, S.Pd diawali oleh pembacaan ayat suci Al-Qur'n oleh ustad Icang Hermawan. Kemudian dilanjutkan sambutan Ketua DPD LDII Kabupaten Sumedang, Bapak ustad H. Usep Aziz Sholehuddin.  Ketua DPD mengucapkan terima kasih kepada jajaran MUI, Kemenag, ormas Islam, rekan media, dan pengurus PC/PAC LDII yang berkenan hadir. Momen silaturahmi dapat dijadikan sebagai ajang berbagi pengalaman kehidupan untuk merajut ukhuwah islamiyah.  Silaturahmi  mengambil waktu buka puasa ini adalah yang kedua kalinya di tempat sama dan harapan di tahun depan bisa lebih baik dan luas lagi.  Apalagi Sumedang dalam suasana baru pasca dilantiknya bupati terpilih. Menanggapi program pembangunan di kabupaten Sumedang, H. Usep mengomentari, "Program yang sudah berjalan ditingkatkan,  dan yang belum selesai dapat digarap," ungkapnya.

Sekapur sirih dari Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sumedang, Bapak Drs. H. Ilih Permana, MM adalah acara berikutnya.  Kepala Kemenag menyambut baik seraya mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh DPD LDII Kabupaten Sumedang ini.  Diungkapkan bahwa Ramadan ini dapat dijadikan momentum untuk muhasabah (intropeksi) atas umur telah diberikan Allah SWT. Kepala Kemenag menyoroti akhlak generasi muda yang mulai terkikis dan pentingnya figur teladan dari tokoh  Di akhir sambutannya, mengupas tentang pentingnya suatu musyarawah untuk membicarakan masalah keumatan. "Sebab dalam musyawarah mengupas keumatan akan ditunggui oleh malaikat, sebaliknya Nabi sendiri meninggalkan musyawarah yang hanya mementingkan pribadi atau kelompoknya dan iblis kali ini yang menungguinya," ujarnya.

 
Ketua  MUI Kabupaten Sumedang, Bapak Drs. KH. Adam Malik Ibrahim (kiri) bersama Ketua DPD LDII Kabupaten Sumedang, Bapak H. Usep Aziz Sholehuddin menikmati hidangan dalam Silaturahmi dan Buka Puasa bersama diadakan LDII Kabupaten Sumedang, Kamis, 25 Juli 2013.

Sementara acara puncak adalah tausyiah dibawakan oleh Ketua MUI Kabupaten Sumedang, Bapak Drs. KH. Adam Malik Ibrahim.  Menurut Bapak KH Adam, sifat manusia adalah tempatnya lupa dan salah.   Bulan Ramadhan  dapat dijadikan bulan untuk membina stabilitas hidup insaniah di dunia ini, sehingga di akhir Ramadhan, hasil pembinaan akan dirasakan dalam Idul Fitri.  Dijelaskan lebih lanjut bahwa pekerjaan manusia secara umum terbagi tiga, yakni pekerjaan lisan, pekerjaan hati, dan pekerjaan anggota badan.  Ketiga pekerjaan ini harus mendapat pembinaan, sehingga lisan tidak mudah berdusta, hati selalu ikhlas, dan anggota badan selalu trengginas melakukan aktivitas ibadah.  Bulan Ramadhan sesungguhnya merupakan diklat bagi umat Islam, di mana  aspek psikomotor berupa pelaksanaan, pembiasaan mendapat perhatian utama, untuk diteruskan di bulan di luar Ramadan.

Tepat seusai tausyiah, adzan magrib berkumandang. Waktu  berbuka puasa tiba.  Hadirin menikmati tajil yang telah disediakan panitia.  Bapak KH. Muhyidin (Ketua MUI Kec. Tanjungsari) mengimami salat magrib di Masjid Al Basyir secara berjamaah.  Seusai salat magrib, buka puasa bersama dilanjutkan dengan menikmati hidangan telah disediakan panitia.  Seluruh peserta, undangan, panitia menikmati hidangan dengan penuh kehangatan dan keakraban.  (dewa dh)

4 komentar:

  1. Mudah-mudahan dengan acara seperti ini bisa memper erat hubungan solaturohim kita dengan ormas islam yang lainnya..

    BalasHapus
  2. Mudah-mudahan dengan adanya acara seperti ini,LDII bisa semakin diterima oleh masyarakat luas.

    BalasHapus
  3. Terima kasih dan dukungannya mas Dahlan dan Senkom.

    Acara silaturahim dengan berbagai elemen, mudah-mudahan dapat menjadi media komunikasi efektif dalam membangun kehidupan sosial keagamaan yang kondusif dan mendukung program pembangunan dicanangkan pemerintah,

    wassalam

    admin

    BalasHapus
  4. nice post kawan
    http://reuni-smp-dosq5-91.blogspot.com/

    BalasHapus