Selasa, 16 Januari 2018

Pembinaan Keagamaan di Sukamaju, Rancakalong


Dari kiri ke kanan: Lebe Mamat, Kepala KUA dan Ketua MUI Rancakalong, Drs. Mamad,  dan KH Abdul Rohman Z  sesepuh LDII dari PAC Sukamaju, D. Karyadi dan ustadzah Kartiwinangsih

Pada hari Selasa, 16 Januari 2018 di aula Desa Sukamaju Kecamatan Rancakalong Sumedang diadakan pengajian  pembinaan keagamaan. Yang diundang adalah  tokoh agama, DKM, dan para guru ngaji, termasuk sesepuh PAC LDII Sukamaju  dan ustadzah Kartiwinangsih.  Maksud dan tujuan  agar  seluruh penceramah   bisa menyampaikan materi  tentang  menjaga kebersihan lingkungan  dalam rangka  menciptakan Rancakalong bebas sampah.

Pada kesempatan itu dihadiri pula Camat Rancakalong yaitu Drs. Suherman.   Adapun sambutan-sambutan lainnya diberikan oleh Ketua KUA  Rancakalong,  Drs. Mamad,  Ketua MUI Rancakalong, KH Abdul Rohman Z dan Kepala Desa, Sutisna.

dihadiri Camat Rancakalong, Drs, Suherman
Pertemuan pengurus MUI menyepakati tentang kebersihan lingkungan di wilayah Rancakalong.  MUI  adalah representasi Majels Ulama Indonesia memiliki misi  untuk melaksanakan menuntun, mempertahankan, mendamaikan, dan memajukan umat. Sedangkan ulama : pewaris para nabi; ulama sebagai penerang umat; penentu umat: rusaknya umat disebabkan rusaknya umaro, rusaknya umaro disebabkan rusaknya ulama, rusaknya ulama disebabkan cinta dan martabat. Apabila umat menjauhi ulama, maka Alloh akan menurunkan tiga macam cobaan: yakni diberikan kepada pemimpin yang dholim; dicabut barokah pekerjaannya; dan keluar dari duniat tanpa iman. 

Pemateri  lainnya  mengeluhkan pada zaman now katanya anak-anak SMP dan SMA tidak sudah  lagi mengikuti pengajian, kalau pun jumlahnya bsa dihitung dengan jari. Padahal tujuan pendidikan keagamaan yang hakiki tertuang dalam peraturan pemeritah No 20 tahun 2010 yakni mencetak peserta didik yang menjadi SDM yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME kreatif, inovatif, dan dinamis berdasarkan keimanan dan ketakwaan serta berahlakul karimah.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 s,d.  pada pukul 12,00 dinyatakan selesai. (dan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar